Kamis, 09 Oktober 2014

Resep Nasi Briyani Kambing Khas Arab

Resep Nasi Briyani Kambing Khas Arab - Resep yang berikutnya menjadi target kami adalah nasi briyani bunda. Asing nggak denger masakan yang 1 ini? Aku yakin bunda pernah mendengarnya meskipun hanya sekilas. Yah, nasi briyani kambing khas arab merupakan menu yang khas di Arab sendiri, tak hanya disana, di Indonesia pun resep yang 1 ini sudah banyak dikenal. Cara membuat yang mudah membuat resep nasi briyani ini banyak diminati oleh semua orang.

Resep Nasi Briyani Kambing Khas Arab

Sebenarnya nasi briyani merupakan masakan yang berbahan dasar beras baspati yang dimasak dengan rempah-rempah, sayuran, dan daging. Membuatnya pun cukup mudah, hanya dengan merebus beras pada panci kemudian setelah beras setengah matang, beras dicampur dengan bahan-bahan lainnya kemudian panci ditutup rapat sampai matang. Hampi serupa dengan Resep Nasi Kebuli yang sudah dibagikan sebelumnya bunda.


Bahan-Bahan:
 

Daging Kambing 200 gram
Beras Basmati 300 gram
Air 250 ml
Garam 1/2 sendok teh
Susu Cair 100 ml
Minyak Samin 4 sendok makan
Kaldu 300 ml

Bumbu yang dihaluskan:


Bawang Merah 4 butir
Bawang Putih 2 siung
Ketumbar 1 sendok makan
Merica 1/4 sendok makan
Jintan 1/2 sendok teh
Adas 1/8 sendok teh
Jahe 1 cm
Kunyit 1 cm
Tomat sebuah
Garam 1/2 sendok makan

Bumbu kering:


Biji Pala 1 cm
Kayu Manis 2 cm
Cengkeh 2 butir
Kapulaga sebutir
Serai 1 batang, dimemarkan

Bahan taburan:

Kacang Mete goreng 75 gram
Kismis 50 gram
Bawang goreng 1 sendok makan
Kacang polong rebus 1 sendok makan

Cara Membuat:

1. Siapkan dandang kemudian rebus air sampai mendidih.
2. Potong daging dengan ukuran 3 x 5 cm, kemudian sisihkan.
3. Kukus beras sampai setengan matang.
4. Setelah itu didihkan air, garam, serta susu, kemudian masukkan beras basmati serta dengan minyak samin secukupnya.
5. Aduk semua bahna itu dan masak diatas api kecil sampai kesat kemudian angkat.
6. Setelah itu sisa minyak samin yang sudah dimanfaatkan tadi dugunakan untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai baunya harum, kemudian masukkan daging dan bumbu kering.
7. Setelah itu tuang air kaldu dan masak sampai air menjadi kering dan dagingnya menjadi empuk, kemudian angkat.
8. Jika sudah kering tambahkan dengan kacang mete goreng, kismis, bawang goreng, dan kacang polong.
9. Nasi briyani kambing siap untuk disajikan.

Resep Nasi Briyani Kambing sudah siap untuk disajikan.. Mudah kan bunda cara membuatnya? Aku yakin bunda bisa untuk mencobanya sendiri di tempat tinggal. Jadi kalo bunda heran gimana caranya ngolah nasi tetapi dengan resep yang berbeda, bisa langsung praktek di tempat tinggal resep yang 1 ini. Sudah pasti nikmat deh bun, karena bumbu yang digunakan aja terbuat dari rempah-rempah pilihan.

Resep Nasi Briyani Kambing Khas Arab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vera Aulia

0 komentar:

Poskan Komentar